Kandang Yang Baik dan Sehat Untuk Kelinci Hias

Tempat tinggal atau kandang kelinci adalah prioritas utama pada saat memelihara kelinci. Meskipun kelinci dapat melakukan adaptasi dan dapat hidup dengan manusia di dalam ruangan tertutup seperti rumah, namun ada sifat alami kelinci yang sulit untuk dihilangkan, misalnya pada saat buang air besar dan kecil.

Beberapa orang mungkin akan mempertimbangkan memelihara kelinci di dalam rumah terutama jika peliharaan mereka adalah kelinci hias. Tidak menjadi masalah memelihara kelinci di dalam rumah, belum ada laporan mengenai penyakit menular akut yang disebabkan oleh kelinci, namun kesehatan dan keselamatan kelinci tentu saja harus menjadi prioritas utama. Sebagai pertimbangan untuk memelihara kelinci di dalam rumah paling tidak lakukan langkah antisipasi seperti:

  1. Kabel-kabel seperti setop kontak maupun terminal yang bersifat mengalirkan listrik sebaiknya diberi pelindung. Kelinci adalah binatang aktif yang suka mencium sesuatu yang membuat dia penasaran. Sifat alami alami kelinci adalah binatang pengerat, Jangan sekali-sekali membiarkan kabel berarus tergeletak dilantai jika sedang memelihara kelinci.

  2. Jauhkan tanaman hidup dari jangkauan kelinci. Kelinci hampir memakan segala jenis tanaman hijau jika ketersediaan pakannya kurang. Binatang ini juga suka mengerat berbagai tanaman meskipun tidak lapar, oleh karena itu jika anda memelihara kelinci dan tanaman secara bersamaan, letakkanlah tanaman di tempat yang lebih tinggi.

  3. Kelinci adalah binatang aktif, kurang berolahraga seperti melompat dapat membuat kaki kelinci lembab dan luka. Pertimbangkanlah untuk menyediakan sarana latihan bagi kelinci seperti pagar dengan ketinggian 5 sampai dengan 15 cm agar kelinci dapat bermain dengan baik. 

Memelihara kelinci di dalam ruangan membutuhkan kandang atau rumah tempat kelinci beristirahat. Di alam bebas kelinci akan beristirahat ketika sudah kenyang. Tempat beristirahat kelinci adalah sarang yang mereka bangun di dalam tanah. Sarang kelinci harus kering dengan kelembaban rendah. Selain itu sarang kelinci harus cukup hangat dari udara luar.

Oleh karena itu jika anda menempatkan rumah kelinci didalam rumah. Rumah yang disediakan sebaiknya dapat melindungi kelinci dari cahaya, karena cahaya dapat mengganggu istirahat kelinci. Selain dari itu, ventilasi yang baik akan memengaruhi kesehatan kelinci yang hidup di dalam kandang. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah menempatkan kandang kelinci yang terlindung dari sinar matahari langsung tetapi terhindar dari lembab. Perhatikan juga posisi kandang agar terhindar dari jangkuan makhluk pengganggu seperti tikus dan kucing.

Sebagai pedoman dalam memelihara kelinci, kelinci sebaiknya diberi ruangan khusus agar tidak terus menerus di dalam kandang. Arena bermain ini disini dengan beberapa pohon hidup jika memungkinkan. Jika tidak isilah dengan batang kayu yang agak keras. Kelinci akan melatih gigi mereka dengan menggigit batang kayu tersebut.Jika anda merawat kelinci dengan benar, Kelinci dapat bertahan sampai umur belasan tahun sebelum akhirnya mati karena usia.